CARA CEPAT MEMBUKA MONITOR LCD PC

 CARA CEPAT MEMBUKA MONITOR LCD PC


Standar baru siaran digital yang saat ini sudah masuk di kota–kota besar dan akan menyusul kota-kota lain dalam waktu dekat nampaknya memicu percepatan pergeseran untuk menggunakan perangkat TV Digital seperti Plasma TV,LCD TV, dan teknologi terbaru LED TV.

Kenapa TV tabung dan monitor CRT akan di tinggalkan? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan kita.

Kita lihat secara langsung saja, pada TV tabung ukuran body yang besar tentunya akan memakan tempat yang lebih besar juga .Dalam segi kelistrikan TV tabung lebih membutuhkan daya listrik yang besar (boros listrik) dibanding TV LCD dan TV LED.

Berbagai keunggulan yang ditawarkan juga melambungkan popularitas TV layar datar dari ketiga jenis teknologi tersebut, antara lain: ukuran yang tipis,ringan, dan dapat digantungkan di tembok. Ukuran layar yang besar juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar tayangan televisi. Tidak ketinggalan pula fitur hemat energi yang ditawarkan, yang memungkinkan penghematan konsumsi listrik.

Demikian juga halnya pada monitor komputer, era monitor CRT juga akan segera berakhir pada  beberapa tahun yang akan datang dan akan digantikan oleh monitor LCD atau monitor LED yang harganya semakin murah karena perkembangan teknologi yang terus berkembang. Dulu pada awalnya harga LCD monitor komputer 15 inchi dibandrol dengan harga Rp, 1,5-1,7 juta, tetapi sekarang sudah dapat dibeli berkisar antara harga 500-600 ribu rupiah.

Untuk alasan itulah kurang lebih 5 tahun yang lalu penulis  memutuskan membeli monitor LCD LG Flatron W1941S- PF 19 inchi seharga Rp 1,5 juta dengan garansi 1 tahun untuk monitor komputer penulis.Disamping harganya yang lumayan murah dibandingkan dengan  monitor Apple,HP,Sony,Compaq,Dell, monitor LG tidak kalah dalam hal gambar yang alami yang di hasilkannya.

Monitor LG yang telah penulis pakai 5 tahun lebih akhirnya menyerah juga. Model : Flatron W1941S- PF  19", tepatnya tanggal 27 Desember 2013 jam 9:45 pagi pada saat penulis mengambil cuti dari kantor mengalami kerusakan. Monitor penulis hidupkan dan ternyata lampu on/off warna biru menyala kedap kedip dan ada terdengar suara mendesis/berisik dari belakang monitor. Lampu berkedap-kedip selama kurang lebih 5 sampai 10 menit dana khirnya monitor menyala dengan mula-mula kabur dan kemudian terang dan normal kembali.Kemudian lagi gambarnya pecah dan tulisannya tidak enak dibaca sehingga penulis restart kembali komputer tersebut sampai mendapatkan warna dan gambar yang normal ( juga memakan waktu 5-9 menit ).

Akhirnya penulis  memutuskan untuk mencari di Google bagaimana mereperasi monitor  LG yang rusak dan penulis membaca tutorial satu persatu baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Dan akhirnya penulis mendapatkan data dan gambar bahwa kita bisa memperbaiki sendiri monitor LG yang rusak tersebut dengan catatan harus hati-hati karena komponen elektronikanya sensitif dan casingnya tidak memakai baut. Dan dikatakan bahwa pada semua seri FLATRON LCD,kerusakan yang amat sering terjadi adalah kerusakan pada sistem regulatornya dan hampir terjadi pada semua type ( mulai 15"- 25" ).Ini mungkin di sebabkan karena kerja monitor yang memang non stop 24 jam terus tanpa istirahat sedikitpun.


Penulis sempat ragu dan bimbang  dan hendak memutuskan untuk di perbaiki oleh dealer LG saja,karena takut tidak terbiasa membuka isi perut monitor tanpa baut.Dan penulis juga ingin menghubungi teman yang dapat memperbaiki monitor LG siapa tahu harganya bisa murah.Harga regulator LG untuk model tersebut di dealer LG dibandrol dengan harga  $ USD 33 ( sekitar Rp 350 ribu belum termasuk ongkos pasang Rp 100 ribu ).

Singkat cerita, akhirnya penulis  memutuskan  membongkar sendiri monitor LG tersebut. Sebelum berhadapan dengan komponen yang rusak,penulis sudah sangat dipusingkan dengan cara membuka casing monitor tersebut.Bagi yang pernah membongkar sendiri remote TV,  seperti romote itulah bagian-bagian monitor LG disatukan. Empat baut di bagian belakang hanya sebagai pengunci tray di bagian dalam monitor.

Untuk memulai mereparasinya dapat anda ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Buka casing monitor dengan cara menggunakan obeh pipih (Minus) untuk melepaskan kunci casing body di semua sisi body monitor.Karena monitor LCD ini tidak menggunakan baut sebagai pengunci body, seperti saat kita membongkar remote control.
2.Angkat casing belakang panel dan lepaskan soket J1 ,soket yang menuju tombol panel control disisi samping.

3. Lepaskan soket yang menuju perangkat LCD ( soket-soket inverter dan kabeldata LCD ) hati-hati  jangan sampai kabel data nya robek.

4. Buka box metal penutup blok regulator dengan cara melepaskan isolasi/perekatnya.

5.Buka baut PCB blok regulator ini agar dapat kita angkat /keluarkan dari dalambox pelindung ini.

6.Segera dapat anda lihat langsung pada bagian regulator ada  beberapa elco yaitu : 4 buah yang kelihatan menggembung, yaitu : (1000 uF /25V ), (1000uF /25V ), (1000 uF/16 V), (1000uF/16V).

7. Ganti ke 4 komponen tersebut dan selesai, monitor akan kembali normal.

Jika anda mendapatkan keluhan dari monitor LCD LG FLATRON type berapa saja,jangan ragu untuk mereparasinya karena hanya bagian ini saja lah yang sangat sering terjadi kerusakan.Cukup mudah bahkan bagi para pemula sekalipun. Harga 1 buah eclo penulis beli Rp. 1500 dan ada 4 elco harganya Rp. 6000.

Alhasil, dengan cuma mengganti 4 elco ( electrolyt condensator) di bagian regulator akhirnya monitor LG penulis  bisa kembali normal dan huruf  tulisan dan warnanya tidak pecah lagi.Demikianlah share pengalaman penulis sendiri semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil..

Berikut ini adalah foto documentasi penulis yang diambil dengan memakai camera Handphone BlackBerry  pada saat mereparasi monitor LG Flatron W1941S-PF milik penulis sendiri dan berhasil dengan sempurna :

Gambar 1 : Gambar casing penutup belakang (cover back) setelah casing monitor LG W1941S-PF dibuka dan dibedah


Gambar 2 : Gambar isi perut monitor LG W1941S-PF setelah dibuka casingnya oleh penulis


Gambar 3 : Casing LG Flatron W1941S-PF yang telah dibuka casing boxnya dan ditaruh diatas tempat tidur spring bed penulis


Gambar 4 : Gambar ini adalah Regulator LG Flatron W1941S-PF yang rusak. Dalam gambar tampak 4 elco ( electrolyt condensator) yang rusak dan menggembung yang nilainya sudah berubah.  Ke 4 elco masing-masing bernilai 1000 uF dengan tegangan kerja bervariasi yaitu 25 Volt dan 16 Volt.


Gambar 5 : Gambar ini adalah gambar elco baru yang akan menggantikan ke 4 elco yang rusak (menggembung) dan telah berubah nilainya



Gambar 6 : Gambar ini adalah gambar elco yang rusak yang telah diangkat dari PCB regulator LG Flatron W1941S-PF


Sekian terima kasih semoga bermanfaat...

Facebook Twitter RSS